Proposal Usaha

0 Comments
PROPOSAL USAHA HIJAB

 

DISUSUN OLEH: SYIFA FAUZIAH

NPM: 28213765

KELAS : 4EB28

TUGAS KEWIRAUSAHAAN

DOSEN : ROOSHWAN BUDI UTOMO
 


BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Hijab merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslimah yang berfungsi sebagai penutup aurat. Di Indonesia yang mayoritas warga khususnya wanita beragama Islam saat ini semakin banyak yang menggunakan hijab dalam melakukan aktivitasnya. Seiring perkembangan zaman, fashion hijab semakin berkembang pula. Pada saat ini desain hijab berkembang menjadi lebih baik dengan memperhatikan seni keindahan, corak dan juga warna.
Selain perkembangan fashion hijab, perkembangan internet pada era modern saat ini juga membuka peluang bagi siapa saja untuk memulai bisnisnya melalui media online.
Melihat adanya peluang tersebut saya tertarik untuk membuka usaha dalam bidang fashion hijab melalui media online seperti instagram, facebook, BBM dll.

Permasalahan
Kondisi cuaca di Indonesia yang cenderung panas membuat pemakai hijab sering mengeluh akan kondisi tersebut dan membuat kaum hawa (muslimah) yang tidak mengenakan hijab enggan untuk memakai hijab. Selain karena cuaca yang panas mereka juga enggan mengenakan hijab karena menganggap bahwa hal tersebut sudah ketinggalan zaman (kuno).

Solusi 
Bagi muslimah hijab merupakan suatu kewajiban yang berfungsi untuk menutup aurat. Hijab yang memiliki bahan yang bagus dapat membuat nyaman pemakainya. Dengan memberikan hijab dengan bahan yang sesuai dengan kondisi cuaca di Indonesia maka kita bisa membuat pemakai hijab menjadi lebih nyaman. Selain itu seiring dengan perkembangan fashion, hijab saat ini juga sudah memiliki corak dan juga banyak warna sehingga hal tersebut bukanlah sesuatu yang ketinggalan zaman atau kuno lagi.

Visi
Menjadi usaha penjualan hijab yang sukses dan dikenal oleh masyarakat.

Misi
  • Memberikan produk hijab yang nyaman digunakan dan dengan desain tidak ketinggalan zaman.
  • Memberikan pelayanan sebaik-baiknya dengan megutamakan kepuasan pelanggan.
  • Memberikan harga jual yang sesuai.

BAB II ASPEK PEMASARAN

Kondisi Pasar
Saat ini kondisi pasar akan produk hijab sudah semakin banyak dan berkembang. Pengaruh semakin banyaknya produk hijab adalah permintaan akan hijab itu sendiri. Adanya media sosial seperti instagram, facebook, LINE dan lain sebagainya membantu dalam membuka peluang bagi siapa saja untuk memulai bisnis hijab.

Persaingan yang ada
Dengan semakin banyak / luas peluang akan bisnis hijab membuat siapa pun untuk membuka usaha dalam menjual / memproduksi hijab. Hal tersebut menyebabkan persaingan yang sangat ketat antar pedagang. Dalam media online, kebanyakan penjual melalui persaingan ini dengan membuat ciri khas tersendiri akan produk hijabnya yaitu dengan memberikan merek yang akan dapat menambah nilai jual barang.

Segmen Pasar yang dipilih
Konsumen yang dipilih untuk usaha ini adalah muslimah dengan yang berada di usia remaja (11 tahun -19 tahun) dan dewasa (20 tahun - 30 tahun). 

Strategi
Strategi yang digunakan adalah dengan memasarkan produk melalui media online dan melalui mulut ke mulut, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Analisis SWOT
Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) akan menjelaskan usaha ini:
  • Strenght (Keunggulan usaha)
Memiliki bahan yang nyaman, motif/desain yang disenangi wanita, dan memiliki warna yang digeamari wanita.
  • Weakness (Kelemahan usaha)
Waktu yang digunakan dalam melayani pelanggan kemungkinan dibatasi, belum ada merek untuk produk yang dijual sehingga tidak ada ciri khas tersendiri.
  • Opportunity (Peluang usaha)
Banyak wanita muslim yang mengenakan hijab sehingga permintaan akan hijab selalu ada, adanya media sosial yang membantu penjual dalam memasarkan produk, dan fashion hijab yang semakin berkembang membuat wanita muslim yang tidak mengenakan hijab mengikuti trend hijab saat ini.
  •  Threat (Ancaman usaha) 
Banyaknya pesaing dengan produk yang sama dan produk yang mudah ditiru. 
  
BAB III ASPEK KEUANGAN

Aspek Modal
Pengeluaran
Nama Barang
Kuantitas
Harga Satuan
Jumlah
Hijab Pashmina Polos
4 Pcs
Rp   25.000
Rp   100.000
Hijab Pashmina motif bunga
4 Pcs
Rp   25.000
Rp   100.000
Segiempat motif
4 Pcs
Rp   25.000
Rp   100.000
Hijab Alyya
2 Pcs
Rp   40.000
Rp     80.000
Sampul (bungkusan)
1 Pack
Rp   10.000
Rp     10.000
Spidol
1 buah
Rp     7.000
Rp       7.000
Pulsa


Rp     50.000
Transportasi


Rp     40.000
Jumlah Pengeluaran


Rp  487.000
                          
Penerimaan
Nama Barang
Kuantitas
Harga Satuan
Jumlah
Hijab Pashmina Polos
4 Pcs
Rp   35.000
Rp    140.000
Hijab Pashmina motif bunga
4 Pcs
Rp   35.000
Rp    140.000
Segiempat motif
4 Pcs
Rp   35.000
Rp    140.000
Hijab Alyya
2 Pcs
Rp   50.000
Rp    100.000
Jumlah Penerimaan


Rp    520.000
 
Laba yang diperoleh = Penerimaan - Pengeluaran
                              = Rp 520.000 - Rp 487.000
                              = Rp   33.000
 
BAB IV ASPEK PRODUKSI

Manfaat Produksi
  • Memenuhi kebutuhan kaum muslimah dalam menggunakan hijab dalam aktivitasnya.
  • Mengembangkan ilmu bisnis yang dipelajari.
  • Mengembangkan daya kreatifitas.
  • Mengembangkan kemampuan dalam hal komunikasi dengan masyarakat.
Proses Produksi
Untuk saat ini produksi menjual hijab ini dilakukan dengan cara membeli hijab yang sudah jadi di Pasar pusat grosir yang ada di daerah Jakarta.

BAB V ASPEK MANAJEMEN

Struktur Organisasi
Tidak ada struktur organisasi secara resmi karea bisnis ini dilakukan oleh saya sendiri melalui media online maupun secara langsung.

Rencana Operasi
Rencananya selain hijab yang dijual adalah hijab yang dibeli dalam bentuk jadi, saya juga ingin membuat hijab dengan membeli bahan dan menjahitnya lalu membentuk sebuah hijab. Selain itu saya juga ingin memperbanyak produksi barang dan memberikan ciri khas dari produk yang saya jual dengan memberikan merek untuk hijab tersebut.


BAB VI PENUTUP

Kesimpulan
Harapan saya dalam usaha ini adalah produk ini bisa lebih berkembang dan maju selain itu saya berharap agar produk HijabFR dapat diminati atau disukai oleh konsumen.

Saran 
Agar usaha yang dilakukan berjalan dengan lancar, maka saran yang dapat diberikan adalah:
  1. Tetap optimis terhadap usaha yang dilakukan. 
  2. Pandai berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan.
  3. Menerima kritik dan saran dari orang lain.
  4. Tidak mudah putus asa. 
  5. Mengutamakan kepuasan pelanggan.  
  6. Bertanggung jawab dengan pekerjaan. 
  7. Mempunyai kreatifitas dan juga selalu inovatif dalam mengembangkan produk. 




You may also like

Tidak ada komentar: